algoritma adalah urutan cara-cara atau langkah-langkah yang digunakan untuk menyelesaikan sebuah masalah. sedangkan algoritma pemrograman adalah langkah-langkah yang digunakan untuk menyelesaikan sebuah program. karena di blog ini membehas tentang bahasa pemrograman ruby
Orang yang telah terbiasa “bergaul” dengan komputer menggunakan satu
bahasa pemrograman tertentu (tingkat mahir), biasanya tidak lagi
memerlukan
kertas coret-coretan untuk membuat suatu program komputer. Namun bagi
pemula, pembelajar, atau yang belum mahir, diperlukan kertas
coret-coretan
tersebut untuk membuat algoritma pemrograman.
Kertas coret-coretan
itu akan digunakan untuk menyusun algoritma
(langkah-langkah penyelesaian masalah), flowcharting (alur logika
perintah,
yang merupakan aplikasi dari algoritma), maupun menuliskan perintah
sesuai
dengan kaidah dari bahasa pemrograman yang akan digunakannya.
Sewaktu menyusun algoritma, kita tidak perlu tahu (atau tidak perlu
menyesuaikan dengan) bahasa pemrograman yang nanti akan kita gunakan.
Hal utama yang kita pikirkan adalah kaidah (hirarki) dari komputer itu
sendiri,
yaitu input-proses-output.
Input adalah data yang
harus ada (sudah ada/ sudah tersedia), yang dapat
diproses dengan aturan-aturan tertentu untuk menghasilkan output seperti
yang
dikehendaki. Data yang ada harus logis (masuk akal) bahwa “ia” dapat
diproses untuk menghasilkan output.
Contoh:
Buat algoritma untuk Menghitung Luas Persegi Panjang:
Pekerjaan:
Rumus:
LuasPersegiPanjang = Panjang x Lebar
Algoritma:
1.
Tentukan nama variabel yang akan menampung data Panjang, lebar dan luas persegi
panjang.
2.
Masukkan (inputkan) data Panjang dan Lebar pada variabel yang sudah ditentukan.
3.
Hitung Luas persegi panjang.
4.
Tampilkan (outputkan) Luas persegi panjang.
0 komentar:
Posting Komentar