Jumat, 19 Oktober 2012

contoh source code class & object di ruby


Pada posting kali ini saya membahas bahasa pemrograman Ruby yaitu tentang class dan object di bawah ini adalah contoh dari class dan object di ruby.
Program ini adalah untuk mendefinisikan sebuah class dan object. Yang bertujuan agar kita mengetahui apa itu class dan apa itu object. Jalannya program ini kami definisikan sebagai berikut :

class CD
  def input
    print "masukan kode CD : "
    @kode=gets.to_i
    print "masukan nama CD : "
    @nama=gets.chomp
    print "masukan status CD : "
    @stat=gets.chomp
    puts
  end



Source code class & object Di atas adalah source code untuk mendefinisikan class CD yang dibawahnya diikuti dengan method input yang di dalam method input tersebut terdapat atribut yang akan digunakan untuk memproses data. Dalam method ini user akan memasukan data berupa kode CD, nama CD dan status dalam rental CD tersebut. Kemudian data yang telah dimasukan tersebut akan disimpan oleh class CD.


  def output
    print " kode : #{@kode} \n nama : #{@nama} \n stastus : #{@stat}"
  end

Kemudian Source code class & object dilanjutkan dengan method output yang berfungsi untuk menampilkan data yang telah dimasukan oleh user.


require "modul1"
cd1=CD.new
puts "======PROGRAM RENTAL CD======"
menu=0
until menu==3 do
  puts '===pilihan program==='
  puts '1. input data '
  puts '2. tampilkan data '
  puts '3.keluar'
  print "masukan pilihan anda : "
  menu=gets.to_i
  if menu==1
    puts
    cd1.input
  elsif menu==2
    puts
    cd1.output
    puts
  elsif menu>3
    puts
    print'pilihan anda salah'
  end
end



Source code class & object di atas adalah object yang memanggil method-method yang ada pada class CD. Contonya seperti “cd1.input” pada source code di atas. “cd1” sebagai object pemanggil “.input” method input. Pada source code ini terdapat 3 pilihan dimana pilihan pertama adalah input data, yang kedua adalah output data dan yang ketiga adalah keluar dati program. Menu akan terus muncul sebelum user memasukan pilihan yang ketiga.
 




0 komentar:

Posting Komentar