Selasa, 30 Oktober 2012

looping/perulangan di ruby

Looping adalah proses perulangan untuk mencapai kondisi tertentu
Looping / Perulangan di bahasa pemrograman ruby dapat kita buat dengan mudah. ada beberapa macam penulisan looping dalam bahasa pemrograman ruby ada "while, until dan for". semuanya melakukan perulangan dengan karakteristik yang berbeda. penjelasan sebagai berikut :

1. looping dengan "while"
    contoh penulisan dalam  bahasa pemrograman ruby :

while kondisi1<=kondisi2
  isi looping
end

looping dengan "while" adalah looping atau perulangan dimana perulangan tersebut akan berhenti jika kondisi yang sebenarnya tidak sama dengan kondisi yang tertulis di perulangan while. jadi pada contoh di atas jika kondisi1>kondisi2 maka perulangan akan berhenti dan jika kondisi1<=kondisi2 maka perulangan akan berlanjut.

2. looping dengan "until"
    contoh penulisan dalam  bahasa pemrograman ruby :

until kondisi1<=kondisi2
  isi looping
end

perulangan menggunakan "until" adalah perulangan yang dimana kondisi sebenarnya sama dengan kondisi yang ada pada perulangan "until". contoh di atas menyatakan bahwa jika jika kondisi1<kondisi2 atau kondisi1>kondisi2 maka perulangan akan terus berjalan dan jika kondisi1=kondisi2 maka perulangan akan berhenti.

3. looping dengan "for"
    contoh penulisan dalam  bahasa pemrograman ruby :

for variable in 1..kondisi
  isi looping
end

perulangan menggunakan "for" berarti perulangan akan tetap berjalan sebelum batas dari perulangan yang ditentukan. pada contoh diatas dinyatakan dengan variable. perulangan akan berhenti jika variable bernilai sama dengan kondisi.

seperti itulah penjelasan dari saya mengenai looping/perulangan di bahasa pemrograman ruby.

semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar