Rabu, 24 Oktober 2012

macam tipe data


Tipe data yang digunakan dalam bahasa pemrograman ruby adalah floar, interger, string, array, hash, range dan penjelasan tentang macam-macam tipe data tersebut sebagai berikut :
1.    Angka --> bahasa pemrograman Ruby dapat menangani angka baik yang bertipe integer ( to_i ) maupun float (to_f).

2.    String--> Tipe data String di bahasa pemrograman Ruby sama dengan tipe data String pada bahasa pemrograman lain umumnya. Untuk membuat tipe data String, anda dapat menggunakan kutip satu ‘ ataupun kutip dua “ . Adapun perbedaan di antara keduanya, yakni di mana objek String yang dibuat dengan kutip dua “ akan mengerti karakter khusus seperti ‘\n’,’\r’,’\b’ ,dsb. ; sedangkan karakter dengan objek String yang dibuat dengan kutip satu ‘ tidak bisa menerjemahkan karakter khusus di atas.

3.    Array --> Tipe data Array di bahasa pemrograman Ruby sama dengan tipe data list di Python. Untuk membuat suatu objek Array baru, Anda dapat menggunakan literal Array [] ataupun konstruktor Array.new. Isi array dapat berupa objek apapun baik angka, string, maupun objek lain termasuk objek array itu sendiri.
 
4.    Hash --> Tipe data hash di bahasa pemrograman Ruby sama dengan tipe data dictionary di Python. Untuk membuat objek

5.    Range --> Objek range di bahasa pemrograman Ruby merupakan suatu barisan di mana terdapat nilai awal dan nilai akhir dari barisan tersebut

Adapun perbedaan puts dan print dalam menampilkan hasil proses data dalam bahasa pemrograman Ruby adalah pada posisi variable yang akan dimasukan. Jika puts posisi variable yang akan dipanggil berada di bawah, tetapi ada print posisi variable yang akan dipanggil berada di samping.


2 komentar: